Tags

, , ,

Semua mahkluk hidup bernafas, makan dan tidak kalah pentingnya adalah tidur. Tidur sudah menjadi kebutuhan utama semua mahkluk hidup. Manusia menggunakan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur menjadi salah satu misteri dalam kehidupan kita seperti halnya gravitasi kuantum, kita masih belum sepenuhnya mengetahui mengapa kita harus tidur, walaupun kita sedang memepelajarinya lebih jauh setiap hari. Kalau boleh memilih, bolehkah tidak tidur di setiap harinya dan menikmati kehidupan tanpa tidur.

Apakah anda ingin lebih produktif, tajam secara mental, keseimbangan emosional dan energi cukup untuk sepanjang hari? Cara yang paling ampuh untuk mencapai kesemuanya diatas adalah mengatur pola tidur anda lebih baik. Sehingga anda tidak perlu obat-obatan ataupun makanan/minuman yang merangsang energi anda dan cukup memanfaatkan dengan baik anugrah tidur yang diberikan kepada kita.

Pernahkah anda tidak tidur seharian atau kurang tidur?? tentu jelek rasanya bukan? Ternyata kita memang perlu tidur dalam keseharian kita. Gangguan tidur banyak menghantui kita dan merupakan masalah kondisi kronis. Ilmu pengetahuan ilmiah kedokteran telah menunjukkan bahwa gangguan tidur atau kekurangan tidur merupakan masalah serius dan mempunyai efek seirus terhadap kesehatan kita.

Jika anda kurang tidur atau gangguan tidur akan:

  • menurunkan sistem kekebalan tubuh secara drasmatis
  • lebih gampang tumbuhnya kanker, karena menurut penelitian pada hewan ternyata pertumbuhan kanker 2 sampai 3 kali lebih cepat pada disfungsi tidur
  • menyebabkan status pre-diabetes, jika anda kurang tidur pastilah anda akan merasa lapar terus menerus walaupun anda sudah makan dan inilah yang akan merusakkan berat badan anda.
  • merusak memori anda secara serius, tidur hanya 4-6 jam akan mempengaruhi kemampuan anda mengingat dan berpikir pada hari berikutnya
  • mengganggu kemampuan fisik dan status mental dan menurunkan kemampuan memecahkan masalah.

Tidur adalah jawaban atas rasa kantuk, ini adalah irama sikardian dan normal adanya pada orang sehat. Ketika irama sikardian anda terganggu, tubuh akan memproduksi sedikit melatonin (suatu hormon dan antioksidan) dan memiliki kemampuan melawan kanker yang lemah karena fungsi melatonin itu sendiri adalah membantu menekan radikal bebas yang memicu kanker. Inilah yang menjawab mengapa pertumbuhan tumor lebih pada yang kurang tidur.

Selain tersebut diatas gangguan tidur juga meningkatkan gangguan yang berhubungan dengan stress seperti penyakit jantung, ulkus gaster/lambung, konstipasi dan gangguan depresi mood.

Tidur yang sehat dan benar juga membuat kita awet muda dan mempercepat pertumbuhan yang lebih baik. Di saat kita tidur secara normal kelenjar pituitari melepaskan hormon-hormon pertumbuhan yang membantu memperbaiki kelemahan organ-organ dalam tubuh kita.

Tidur yang sehat dan optimal adalah tidur yang nyenyak selama antara 6-8 jam per malam pada orang dewasa dan jika terlalu sedikit berlebihan atau kekurangan  bisa efek samping merugikan terhadap kesehatan anda. Jika anda kelebihan tidur akan sangat beresiko terjadi penyakit otak sebagaimana hasil dari beberapa penelitian. Masalah gangguan tidur atau kurang tidur sering kita jumpai yang disebut dengan insomnia, ini karena ada faktor pencetus oleh karena itu ada beberapa tips yang saya sajikan untuk mencegah terjadi insomnia maupun terlalu banyak tidur. Jika tidak berhasil, anda perlu mengkonsultasikan lebih lanjut pada praktisi kesehatan seperti dokter umum maupun dokter psikiatri.

Bagaimana mengoptimalkan tidur anda agar menjadi lebih semangat dalam bekerja keesokan harinya dan lebih sehat? Berikut adalah tips-tips nya.

Bagaimana suasana tempat tidur yang baik?

  • Tidurlah pada tempat/ kamar tidur yang gelap dan tertutup sedapat mungkin. Seberkas cahaya dalam ruangan walaupun hanya sedikit akan merusak jam internal biologis anda dan mengganggu pembentukan hormon melatonin dan serotonin pada kelenjar pineal. Bahkan cahaya lampu pada jam anda juga dapat mengganggu. Jadi tutuplah pintu sebelum anda tidur dan matikan lampu kamar bahkan pada saat anda ke kamar mandi cobalah menahan diri untuk menyalakan lampu. Mengapa demikian?? Boleh anda tanyakan pada comment di bawah.
  • Sebisa mungkin jaga suhu kamar tidur jangan melebihi 70 derajat F. Pada saat anda tidur, secara alamiah suhu tubuh akan menurun. Dengan mengatur suhu ruangan yang sama atau lebih rendah dari suhu tubuh biologis akan memberikan efek tidur yang kondusif. Pengaturan suhu yang sangat baik adlah 18-20 derajat Celsius dengan ventilasi yang baik. Coba bayangkan kalau tidur dalam suasana yang sangat panas atau terlalu dingin, kualitas tidur tidak baik dan tidur gelisah.
  • Jauhkan benda-benda yang memiliki kekuatan elektromanegtik yang tinggi dari tubuh anda seperti misalnya telepon genggam maupun yang lainnya.
  • Jauhkan jam alarm anda dari pandangan mata, mungkin bisa anda tempatkan di atas tempat tidur atau dibalik tempatnya. Benda-benda elektronik lainnya seperti audio sistem maupun tv sebisa mungkin anda jauhkan 3 kaki dari tempat tidur.
  • Buat suasana yang nyaman menurut anda sebelum memulai aktivitas tidur seperti mendengarkan musik relaksasi/musik spiritual, dan hindari menonton tv sebelum tidur serta jangan membaca pada gaget dalam suasana yang gelap seperti smartphone maupun komputer tablet karena akan mengganggu produksi serotonin anda.
  • Buatlah tempat tidur/bed senyaman mungkin terhadap tubuh anda, kualitas matras sangat mempengaruhi dan carilah yang cukup nyaman dan cukup untuk tubuh anda berelaksasi.

Bagaimana persiapan tidur yang baik?

  • Sedapat mungkin untuk tidur lebih dini,Tubuh Anda (khususnya sistem adrenal Anda) mayoritas pengisian nya antara jam 11:00 dan 01:00. Selain itu, pembuangan racun oleh kandung empedu selama periode yang sama. Jika Anda bangun ataupun begadang, racun kembali ke hati Anda, yang selanjutnya dapat mengganggu kesehatan Anda.
  • Jangan rubah jam tidur anda. Tidurlah dan bangun pada jam yang sama di setiap harinya termasuk pada akhir pekan. Ini sangat membantu tubuh anda untuk menemukan ritme tidur dan lebih gampang tidur dan bangun di pagi hari. Inilah yang mencegah anda dari insomnia.
  • Lakukan ritual yang rutin yang membantu tidur anda lebih baik, seperti meditasi, berdoa sebelum tidur, olahraga pernafasan/pranayama, aroma terapi, peregangan tubuh dan pijatan dari pasangan anda sehingga akan membuat anda lebih rileks dan sehat.
  • Janganlah minum air atau minuman lainnya dalam 2 jam sebelum tidur karena akan membuat anda terbangun untuk ke kamar mandi sehingga mengganggu kualitas tidur anda.
  • Ingat ke kamar mandi untuk kencing sebelum tidur, membersihkan tangan dan kaki sehingga anda akan tidak terbangun di pertengahan anda tidur.
  • Makan sedikit cemilan/roti yang tinggi protein dan sedikit buah beberapa jam sebelum tidur (2-3 jam). Ini dapat memberikan L-triptofan yang diperlukan untuk produksi melatonin dan serotonin. Dan buah sendiri membantu triptopan melalui barier darah otak. Dan tentunya hindari makanan yang tinggi gula dan biji-bijian. Dan jika anda lapar, makanan yang dapat anda makan  2 jam sebelum tidur  adalah sereal susu rendah gula, susu rendah lemak/yogurt dan buah yg paling baik adalah pisang.
  • Membaca doa dan buku spiritual yang membuat anda rileks, hindari buku bacaan misteri maupun horor yang membuat anda tegang.

Bagaimana memaksimalkan kualitas tidur anda?

Selain suasana ruangan dan persiapan tidur, pola gaya hidup juga harus diperhatikan jika anda memaksimalkan tidur anda lebih sehat.

  • Sedapat mungkin hindari minum obat-obatan apaun jenisnya karena ada yang berefek samping dan mempengaruhi siklus tidur kita.
  • Hindari kopi, alkohol dan rokok. Berdasarkan penelitian, kopi/kafein tidak dimetabolisme secara efesien sehingga menimbulkan efek tidak bisa tidur yang lama. Sehingga hindari minum segelas kopi diatas jam 6 sore. Meskipun alkohol membantu anda untuk mengantuk namun efek waktunya pendek sehingga anda akan sering terbangun dan tidak bisa tidur kembali. Kandungan nikotin pada rokok juga sangat mengganggu tidur anda dan ketergantungan terjadi di saat pertengahan tidur anda.
  • Berolahraga secara teratur minimal 30 menit di pagi hari sangat membantu kualitas tidur anda. Janganlah berolahraga pada waktu yang berdekatan dengan waktu tidur anda. Selain itu dengan berolahraga akan membantu mencegah kegemukan yang beresiko terjadi sleep apneu saat tidur.
  • Selain tersebut diatas, posisi tidur juga sangat menentukan kualitas tidur yang lebih baik. Ada suatu sumber mengatakan bahwa tidur yang baik adalah posisi miring sebelah kanan, kaki sedikit menekuk dan tangan di bawah pipi sebelah kanan/leher lebih tinggi. Hindarilah posisi tidur yang telungkup karena akan menyebabkan sleep apneu/sesak saat tidur dan regugirtasi/muntah saat tidur.

Apa yang bisa dilakukan saat bangun pagi?

Saat mata anda terbuka saat di pagi hari, segeralah bangun dan buka jendela nikmati suasana udara pagi serta matahari pagi. Terkadang orang yang sudah terjaga dari tidur akan kembali tertidur jika masih berkutat di dalam kamar. Perasaan malas tentu bisa menjadi bumerang bagi Anda, sehingga tak jarang membuat Anda kembali tertidur. Hal itu akan berakhir buruk jika Anda harus dihadapkan pada deadline waktu yang ada. Dan ada baiknya jika anda bangun sebelum matahari terbit karena membuat anda lebih segar dan awet muda sebagaimana hasil dari beberapa penelitian. Dan berolahragalah dan nikmati suasana hari dengan kebahagiaan atau sembahyang/meditasilah terlebih dahulu pada saat anda terbangun.

Sumber: dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Advertisements