Tags

, , , , , ,

Ini adalah lanjutan artikel sebelumnya tentang memanfaatkan tidur dengan baik dan sehat, tentu anda tidak lupa kan? Tidur mengembalikan kondisi kita menjadi lebih baik. Jika kita tidak cukup tidur baik kualitas maupun kuantitas tentu lebih beresiko terjadinya penyakit jantung dan kanker. Tidak sedikit penelitian menemukan bahwa 10 persen populasi mengalami gangguan tidur kronis.

Gangguan tidur masih masalah utama dan banyak orang dewasa menangani masalah ini dengan penggunaan obat tidur. Penggunaan obat tidur tidak baik untuk kesehatan tentunya, selain ketergantungan juga sangat berbahaya terhadap kondisi kita. Ada berita baik bagi anda untuk mengganti penggunaan obat tidur dan sangat sederhana karena banyak kita temukan pada bahan makanan/minuman yang alami,herbal dan bahan alami lainnya yang kita jumpai sehari-hari. Pada kenyataannya banyak penelitian dewasa ini menemukan alternatif gangguan tidur dengan bahan alami, salah satunya adalah hubungan antara jus ceri dengan mendapatkan pemejaman mata saat tidur yang lebih baik.

Buah Ceri

Dalam suatu penelitian sederhana, subyek meminum delapan ons jus ceri tart (juga dikenal sebagai asam ceri) di pagi hari, dan delapan ons di malam hari, selama dua minggu dan melaporkan kebiasaan tidur yang lebih baik. Karena secara alami ceri mengandung kadar melatonin yang tinggi, suatu senyawa yang membuat kita mengantuk, Anda dapat mencoba makan secangkir ceri sebagai snack sebelum menutup-mata anda jika Anda tidak menyukai jus.

Ikan Laut

Beberapa Ikan tertentu dan makhluk laut lainnya mengandung triptofan yang menginduksi tidur, termasuk udang, ikan cod, tuna, dan halibut. Namun,  karena tidak semua pilihan makanan laut yang sehat bagi kita (ada yang tinggi di kontaminan) atau untuk planet kita ini (banyak yang ditangkap berlebih, atau metode untuk menangkap mereka akan membunuh spesies lain), menempel hasil tangkapan seperti ikan Pasifik dari Alaska atau tiang-Ikan albacore tuna tertangkap dari AS atau British Columbia.

Kombinasi Susu dengan Sereal Gandum (Carb/protein combo)

Jika memakan ikan berbahaya akibat pengawet maupun cara penengkapan yang salah, anda jangan berkecil hati karena ada alternatif lainnya untuk memperbaiki triptopan anda. Tentu anda pernah mendengar bahwa segelas susu hangat sangat membantu anda untuk tidur pulas, karena susu mengandung kadar triptopan.

Tapi kuncinya adalah menggabungkan karbohidrat dengan protein yang mengandung triptofan untuk membantu tubuh Anda lebih baik selama anda tidur. Cobalah secangkir sereal gandum dengan susu organik sebelum tidur.

Lemon Balm Tea

Daun lemon dan terutama aromanya merupakan salah satu dari keluarga mint yang telah menjadi penginduksi tidur pada orang yang telah berusia lanjut. Manfaat lainnya termasuk pencernaan yang lebih baik dan agitasi menurun. Cobalah membuat teh denga aroma daun lemon dengan seduhan1 sampai 2 sendok teh herbal kering dalam 1 cangkir air panas selama 5 sampai 10 menit. (Jika Anda mengambil obat-obatan tiroid, berbicara dengandokter Anda … minum teh bisa berarti Anda akan harus menyesuaikan dosis Anda).

Sumber: alternative medicine on msnbc

Advertisements