Tags

, , ,

Menangani Demam pada Anak

image

Demam merupakan mekanisme pertahanan alamiah tubuh untuk melawan penyakit. Seorang anak dikatakan mengalami demam apabila panas badan naik dari biasanya dengan perabaan tangan dan apabila diukur dengan termometer lebih dari 37°C suhu ketiak atau 37,5°C suhu oral/mulut.
Penyebab tersering pada anak adalah proses infeksi terutama karena virus. Tidak semua demam disebabkan oleh proses infeksi. Adapun penyebab lainnya adalah dehidrasi/kekurangan cairan, proses keganasan, setelah imunisasi, efek samping obat-obatan, trauma/luka, kelainan saraf dan sebagainya.
Tidak semua demam memerlukan pengobatan yang agresif. Panas badan yang hanya kurang dari 38°C mungkin tidak memerlukan pengobatan dan cukup dilakukan kompres air hangat dan pemeberian minum (rehidrasi).

Apa yang dilakukan apabila anak anda demam?
Pertama janganlah panik
Kepanikan justru tidak akan memperlambat penanganan dan membuat anak tambah rewel. Bersikap tenang akan membuat buah hati anda juga tenang.
Yang kedua ukur suhu tubuh.
Alat pengukur suhu tubuh (termometer) wajib anda miliki di rumah baik yang air raksa maupun digital. Cobalah ukur suhu tubuh anak anda sesuai dengan alat anda miliki apa cocok untuk ketiak ataupun yang lainnya. Perabaan dengan tangan kadang-kadang kurang akurat tetapi berguna juga sebagai penentu awal demam.
Ketiga, penanganan awal
Penurun panas dapat diberikan secara oral (minum) sesuai dengan dosis jika panas badan lebih dari 38°C dan lakukan kompres handuk/kain dengan air hangat-hangat kuku pada dahi, ketiak, perut dan punggung. Kompres air hangat sangat membantu menurunkan panas badan karena dapat melepaskan panas. Penurun panas yang aman diberikan pada semua umur adalah parasetamol dan acetaminofen.
Keempat, beri minum dan makanan bergisi
Pada saat demam, tubuh melepaskan panas, banyak penguapan cairan tubuh dan energi tubuh terkuras dan menyebabkan dehidrasi bila asupan yang tidak cukup. Berikannlah minum sebanyak-banyaknya anak anda mau baik itu susu, air, jus dan lainnya. Berilah makan bergizi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh dan mempercepat pertumbuhan terutama makanan yang tinggi kalori dan protein.

Kapan mesti ke dokter anda atau pelayanan kesehatan terdekat?
1.Demam lebih dari 24-48 jam, periksakan ke dokter anda untuk mengetahui penyebab demam dan pengobatan lanjutan untuk mencegah perburukan.
2. Umur anak anda kurang dari 3 bulan, tidak memandang berapa hari si kecil mulai panas, segera periksakan ke dokter anda
3. Adanya tanda kejang atau step atau leher yang kaku.
4. Adanya tanda-tanda kekurangan cairan/dehidrasi meliputi mata yang cekung, kurang aktif/lemas, berkurangnya kencing dan sangat kehausan.
5. Panas yang disertai dengan muntah-muntah, sesak dan diare.
6. Panas badan 41°C ke atas atau hiperpireksia, panas badan yang terlalu tinggi bisa merupakan suatu tanda infeksi yang lebih berat.

Apa kesalahan yang sering terjadi?
Ada beberapa kesalahan orang tua dalam menangani demam pada anaknya yang justru dapat memperlambat penanganan serta memperburuk kondisi anak, antara lain:
1. Kepanikan yang berlebihan, kadang orang tua terlalu panik pada anak yang baru panas hari pertama tanpa ada gejala gawat lainnya. Panik juga akan mempengaruhi stres pada anak.
2. Kompres dengan air es dan alkohol. Kompres dengan air es dan alkohol pada saat ini tidak dianjurkan karena malah meningkatkan panas badan anak dan menyerap alkohol ke tubuh yang justru lebih mempercepat dehidrasi.
3. Menggunakan selimut tebal dan jaket. Penggunaan selimut yg tebal dan jaket akan membatasi pelepasan panas sehingga justru meningkatkan suhu tubuh. Cara yang benar adalah saat kompres air hangat gunakan baju katun atau buka baju di daerah yang dikompres.
4. Memberikan obat secara sembarangan tanpa konsultasi dokter. Ada banyak jenis obat penurun panas yang tersedia, setiap obat memiliki efek samping jadi harus konsultasikan dahulu dengan dokter anda obat apa yang sesuai dengan umur dan penyakit anak anda. Pemberian antibiotika harus dengan konsultasi dokter, jadi jangan memberikan antibiotika secara sembarangan tanpa petunjuk dokter anda.

Advertisements