Tags

, , , ,

 

Bagaimana meningkatkan daya ingat anda?

10-makanan-penambah-daya-ingat-rev-1

Apakah anda sering melupakan sesuatu?  Kadang masalah kecil bisa membuat kita menjadi pelupa. Ada beberapa cara yang bisa saya bagikan disini untuk meningkatkan daya ingat anda. Tidak ada sesuatu dengan sendirinya memberikan kemampuan daya ingat yang anda inginkan. Disini ada delapan tips sederhana untuk meningkatkan kemampuan daya ingat anda.

1. Makan makanan yang seimbang.

Sama seperti halnya anda tidak akan bisa menjalankan mobil tanpa bahan bakar, begitu pula anda tidak akan bisa menjalankan otak anda tanpa bahan bakar juga. Jika Anda ingin otak anda berjalan pada keadaan yang optimal, dengan makan makanan seimbang setiap hari, anda akan memberikan otak anda apa yang diperlukan, energi bahan bakar, membangun kembali fungsi yang potensial. Ini merupakan pondasi dasar yang sangat diperlukan untuk memberikan kemampuan mengingat pada otak. Makanan seimbang meliputi karbohidrat kompleks, buah atau sayutan, dan protein. Dengan makan makanan seimbang tiga kali sehari, anda akan memberikan otak anda kombinasi asam amino yang diperlukan untuk memproduksi spektrum neurotransmiter, dasar dari kimia otak.

Setiap neurotransmiter memberikan anda proses berpikir dan merasakan dalam hal membuat anda merasa bahagia dalam kehidupan dan membuat anda mampu mengingat. Neurotransmiter acetylcholine, sebagai contoh, sangat penting untuk kemampuan otak anda dalam proses daya ingat.

2. Tidur yang cukup

Anda memerlukan suatu pikiran yang tenang dan atensi/perhatian agar bisa menggunakan kemampuan daya ingat secara optimal. Cara dasar untuk membuat anda siap unruk mengingat sesuatu adalah mendapatkan tidur yang cukup. Jika anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, anda tidak akan bisa menjaga perhatian anda yang cukup untuk mengkode apa yang anda inginkan ke dalam daya inga tanda. Perhatian adalah pintu gerbang dari memori. Jika kemampuan untuk membayar perhatian anda bermasalah, pintu tidak akan terbuka. Jaga pintu tetap terbuka, rileks dan tidurlah yang cukup.

3. Latih daya ingat anda

Tubuh anda merupakan hasil dari evolusi jutaan tahun lamanya. Anda memerlukan latihan rutin untuk menjaga tubuh anda berjalan dengan baik. Nenek moyang anda sejak dulu tidak hanya duduk saja selama sehari di kursi atau tidur-tiduran bergeletak. Dengan latihan fisik/olahraga, memberikan manfaat tubuh anda dan otak anda menjaga semua sistem organ untuk bekerja secara optimal. Dengan latihan fisik, memberikan manfaat pada sistem kardiovaskular, metabolisme dan aliran nutrisi ke otak anda. Olahraga juga membantu tidur anda di malam hari dan meminimalkan stres. Lakukanlah olahraga ini yang akan membantu anda dalam menjaga otak yang bersih dan mengingat pengalaman anda.

4. Konsumsi suplemen (tapi tetap jaga dalam batas sewajarnya)

Vitamin, mineral dan suplemen herbal membantu otak anda menjaga kebutuhan biokimia otak untuk mengingat sesuatu dengan baik. Suplemen, walaupun begitu, harus dipikirkan jangan sebagai alternatif pengganti diet seimbang. Pastikan anda selalu makan tiga makan seimbang setiap harinya. Jika anda mengkonsumsi suplemen, pikirkan bahwa itu hanyalah suplemen. Kita akan memiliki kebiasaan yang bergantung pil, jadi jangan membeli suplemen yang anda pikirkan bahwa setiap suplemen dapat memperkuat daya ingat anda. Jika mengkonsumsi terlalu banyak suplemen dan  mengkombinasikannya dengan obat-obatan lainnya untuk mengobati penyakit anda, anda akan memiliki suatu resiko membuat masalah termasuk masalah daya ingat. Suplemen dasar yang penting: vitamin c, vitamin E, kalsoum dan magnesium, asam lemak omega 3 dan multivitamin dengan nutrisi dasar.

5. Rangsang pikiran anda

Jika anda ingin meningkatkan daya ingat anda, anda mesti melatih pikiran anda. Pikiran yang malas akan menghasilkan kemampuan daya ingat yang malas. Berapapun umur anda, pastikan anda selalu menantang diri anda sendiri. Tidak hanya otak anda yang merespon rangsangan banyak koneksi antara sel saraf, anda juga menjaga perhatian anda dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar anda. Jika anda menonton televisi terlalu berlebihan, pikiran anda dimatikan. (Walaupun menonton program edukasi masih merupakan aktivitas mental pasif). Jika Anda menghabiskan banyak waktu merenungkan tentang kecelakaan sepele hari, Anda tidak akan hanya membuat diri Anda dan orang di sekitar anda tidak senang, keterampilan daya ingat anda juga akan menderita karena Anda sibuk dengan penyimpangan-penyimpangan yang tidak relevan. Latihan berpikir intelektual sebagai jalan untuk menjaga kemampuan daya ingatanda tetap tajam, seperti membaca buku non fiksi, masuk dalam kelas, jalan-jalan (travel) dan perangsangan percakapan dan debat.

6. Kembangkan masa atensi (perhatian) anda

Atensi sangat penting untuk daya ingat anda. Membayar atensi utnuk mengingat. Jika anda tidak membayar atensi atau perhatian, anda tidak akan dapat memindahkan daya ingat jangka pendek anda ke daya ingat jangka panjang anda. Apapun itu bisa anda lakukan untuk bisa meningkatkan atensi anda, lakukanlah. Lakukan dengan fokus pada suatu aktivitas yang lama dan periode yang lama. Jangan mengerjakan sesuatu pekerjaan yang banyak sekaligus atau melompat secara cepat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Biarkanlah diri anda tenggelam dalam aktivitas yang anda nikmati, dan berkonsentrasi penuh dan dalam pada pekerjaan itu. Struktur beberapa aktivitas rutin yang anda kerjakan utnuk membayar atensi masing-masing langkah yang anda akan selesaikan. Walaupun yang anda lakukan adalah lambat, tetapi anda akan mungkin juga menemukan apa yang kamu lakukan lebih komplit dan berkualitas.

7. Tetap Jaga terorganisir

Dengan menjaga diri anda terorganisir, anda akan lebih mampu mengkode ke daya ingat anda apapun yang anda harapkan untuk diingat. Tetap dalam teroganisir tidak berarti kaku. Ini berarti mampu membedakan pengalaman anda dan mengkodenya kedalam hubungan yang relevan. Jika hidup anda tidak terorganisir, maka daya ingat anda juga begitu. Dengan tidak terorganisir, anda tidak akan tahu bagaimana mendapatkan kembali daya ingat anda, lebih buruk lagi anda tidak bisa medapatkannya lagi daya ingat anda. Jaga pikiran anda terorganisir jadi anda akan bisa mengingat dan mengingat.

8. Hubungkan, pasangkan dan koneksikan

Otak anda memiliki sistem yang multipel yang menyediakan banyak cara mengkode daya ingat. Jika anda menggunakan beberapa sistem ini untuk mengkode informasi, otak akan membuat daya ingat yang lebih banyak dan lebih mudah untuk diingat. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengingat sesuatu, kesempatan terbaik yang akan kamu punyai untuk mengingatnya. Jika sebagai contoh, anda ingin mampu untuk mengingat mobil, anda akan sangat berhasil menyebutnya kemudian jika menulis nama mobil itu, bentuknya, dan warnanya sebaik baunya, suara mesinnya dan bagaimana rasanya saat dikemudikan.

Semoga Bermanfaat. Salam Bahagia.