Tags

, , , ,

cold_flu

Selamat pagi sahabat blogger. Hari ini saya ingin berbagi tips untuk mengobati flu secara holistic. Flu yang dikenal juga sebagai influenza atau common cold merupakan penyakit saluran nafas yang sering disebabkan oleh infeksi virus dan cepat menular lewat udara. Flu ditandai dengan keluhan pilek, batuk, hidung tersumbat, nyeri kepala, badan meriang dan kadang demam. Walaupun dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan, namun penyakit ini sangat mengganggu aktivitas dan jika tidak diobati dan istirahat yang cukup dapat berlangsung lama dan berkomplikasi infeksi bakteri maupun infeksi paru terutama daya tahannya yang tidk bagus. Berikut saya paparkan.

Apa yang mesti dilakukan?

  • Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi (kaya protein dan vitamin mineral)

Yang paling penting harus dilakukan adalah istirahat yang cukup di rumah dan menunda pekerjaan. Tidur dan tidak keluar rumah dapat memberikan kesempatan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Disamping memberi nutrisi kepada karomanyaj tubuh kita dengan makanan yang kaya protein seperti susu, sup ayam/sapi tanpa kulit/lemak dan telur disertaia aneka sayuran. Saat kita demam dan flu banyak cairan tubuh dan kalori dikeluarkan begitu pula sel-sel darah putih banyak dikeluarkan sehingga asupan air dan protein serta mineral sangat diperlukan. Minum air putih, mengkonsumsi vitamin c yang terkandung dalam buah dan sayur dan mineral zinc dalam daging, kacang-kacangan, sereal dan ikan laut. Apabila nutrisi tidak cukup konsultasikan dengan dokter anda untuk pemberian dosis suplemen.

  • Mandilah dan sempatkan berendam air hangat

Saat kita flu kadang suhu tubuh akan naik dari normal. Menjaga suhu tubuh seimbang akan membantu penyembuhan dengan air hangat. Jika mandi air dingin akan terjadi perubahan ekstrim suhu tubuh justru mengakibatkan menggigil dan meingkatkan suhu tubuh lagi.

  • Mengurangi flu dengan herbal alami

Jahe (ginger) sudah dipakai sejak jaman dahulu sebagai obat herbal tradisional. Jahe memiliki efek antiinflamasi dan antimual. Jahe mengurangi inflamasi (merah, nyerk dan gatal) pada tenggorokan dan hidung dengan menghirup uap air jahenya. Minumlah air jahe dan menhirup aromanya akan sangag membantu mengurangi gejala flu.

  • Selain jahe yang bisa anda coba adalah teh mint, minum dan hiruplah.

Balsam yang mengandung mentol juga kadang sangat membantu mengurangi kedinginan akibat flu tetapi konsultasikan dengan dokter anda jika anda gunakan pada anak-anak.

  • Berpikir tenang dan bermeditasi

Tidak kalah penting peranan mind body terapi dalam membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Berpikir rileks, bersabar, hindari stres dan bermeditasi sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.

  • Minum obat yang benar dan konsultasi ke dokter

Menangani flu kadang tidak gampang dan kadang mengganngu. Ada kalanya mesti priksakan dan konsultasikan ke dokter anda. Anda bisa membeli obat flu yang dijual bebas maupun suplemen, tetapi kadang kita perlu mengkonsultasikannya dengan dokter jika flu tidak berkurang dalam tiga hari. Jangan sembarangan minum antibiotika jika belum ada rekomendasi dari dokter anda.

  • Coba alternatif lain yang tentunya aman

Adapun terapi alternatif yang bisa anda coba adalah pijat akupresure. Dengan menekan titik akupuntur seperti di gambar dengan cara menekan sambil memutar berulang selama 30 detik sampai 1 menit. Lakukan tiga kali sehari.

Screenshot_2015-08-23-09-37-41

  • Jagalah kebersihan,  cegah penularan dan tunda olahraga.

Cara yang bisa dilakukan adalah karantina di kamar disamping untuk istirahat pemulihan, memakai masker, tidak sembarangan mengeluarkan ingus  dan selalu mencuci tanga dengan sabun. Disamping mencegah penularan cara ini juga dapat mencegah infeksi berulang pada kita. Olahraga saat flu sangat ridak disarankan karena akan memperberat penyakit dan gampang terjadi cedera otot maupun infeksi.

  • Bantu dengan suplemen

Suplemen yang bisa membantu mengurangi flu meliputi vitamin c, zinc dan probiotik. Selengkapnga mengenai dosis bisa anda konsultasikan dengan doktee anda.

Bagaimana mencegah terkena serangan flu?

Selain tips diatas, berikut juga saya kasi tips atau resep pencegahan flu.

  • Makan makanan yang bergizi dengan kaya vitamin c ( buah dan sayur) dan zinc (daging, kacang-kacangan, sereal dan ikan laut)
  • Jangan merokok
  • Menjaga olahraga secara teratur dan sering bergerak dan hati-hati jangan berolahraga secara ekstrim atau berlebihan.
  • Jaga hubungan social yang suportif
  • Hindari berhubungan atau mendekati orang yang sedang kena flu, pakai alat pelindung diri
  • Kurangi stress dan jaga emosi tetap positip.
  • Cuci tangan anda sesering mungkin
  • Suplemen vitamin C (200-500mg perhari), panax ginseng (100 mg per hari) dan probiotik memiliki efektifitas untuk mencegah dari serangan atau penularan flu.

    Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat.