Tags

, , ,

10 KIAT-KIAT MENJAGA TUBUH TETAP SEHAT DI BULAN INI

Dalam setahun semua orang pasti sempat menderita satu atau dua kali penyakit ringan seperti infuenza, nyeri kepala, pegal-pegal dan penyakit lainnya. Penyakit yang timbul disebabkan oleh berbgai faktor terutama faktor host/tubuh kita sendiri, penyebab penyakit (agent) dan lingkungan. Kadang kala kita tidak memperhatikan tubuh kita sendiri dengan bekerja tidak mengenal istirahat, pola hidup yang tidak sehat dan kurang berolahraga. Kebanyakan orang menganggap bahwa penyakit lebih banyak disebabkan oleh faktor agent seperti bakteri, virus dan parasit namun kalau kita telusuri faktor tubuh kita sendiri yaitu kekebalan tubuh dan lingkungan yaitu kebersihan lingkungan juga sangat mempengaruhi gampang tidaknya bakteri atau virus yang dapat menyebabkan tubuh kita jatuh sakit. Sehingga kita mesti menjaga keseimbangan yang harmonis antara kesehatan tubuh kita dengan kebersihan lingkungan sekitar kita.

Sakit merupakan keadaan yang tidak menyenangkan dan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Dalam tubuh yang sakit tidak akan mencapai suatu kebahagiaan yang kita hendaki. Oleh karena itu, lebih baik menjaga tubuh kita tetap sehat dengan meningkatkan kekebalan dari penyakit dan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Perubahan cuaca dan iklim kadang kala mempengaruhi tubuh kita menjadi sakit terutama perubahan cuaca yang sangat ekstrim, kadang sangat panas dan kadang sangat dingin. Dengan tetap menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kita atau sistem imun dapat beradaptasi dengan perubahan cuaca sehingga terhindar dari sakit. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh anda, antara lain sebagai berikut.

  1. Istirahat dan tidur yang cukup; tubuh sangat membutuhkan istirahat dan tidur untuk kepentingan perbaikan tubuh. Lama waktu tidur yang baik adalah 6-8 jam pada malam hari dan maksimal 1 jam istirahat siang dengan kualitas tidur yang baik. Orang yang banyak begadang atau tidur diatas jam 12 malam cenderung akan gampang jatuh sakit dan memiliki resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Orang yang kurang tidur, keesokan harinya akan terasa lemas, kurang tenaga, sulit konsentrasi, nyeri kepala dan gampang tertular suatu penyakit.
  2. Konsumsilah lebih banyak makanan atau minuman yang kaya antioksidan dan hindari sumber radikal bebas. Makanan yang kaya antioksidan adalah sayur-sayuran yang berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna terang. Janganlah terlalu banyak dan sering makan makanan yang dipanggang langsung seperti sate, ikan bakar dan lain sebagainya. Segala jenis ikan dan daging tampa lemak juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.
  3. Tetaplah berolahraga secara teratur minimal 2 kali seminggu dengan waktu minimal 30 menit di pagi hari. Dengan berolahraga aliran darah dalam pembuluh darah lebih lancar dan sehat sehingga kekebalan tubuh lebih bagus. Olahraga yang baik seperti aerobik, jalan santai, bersepeda dan hindari olahraga yang terlalu berat.
  4. Berjemurlah dibawah sinar matahari pagi. Dengan berjemur setiap hari dibawah sinar matahari pagi kurang dari jam sembilan pagi dapat merangsang pembentukan vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan meningkatkan sistem kekebalan kita.
  5. Luangkanlah waktu untuk relaksasi tubuh dan pikiran dengan meditasi maupun olahraga pernafasan seperti pranayama. Tergangunya proses pikir dan stres juga berakibat pada penurunan sistem kekebalan tubuh kita, dengan melakukan meditasi, sembahyang, sholat, yoga niscaya pikiran akan lebih bahagia dan dengan sendirinya meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
  6. Tetap berpikir positif dan merasakan kebahagiaan. Selalulah berpikir positip terhadap suatu permasalahan yang kita terima setiap hari dan tetap apa yang kita terima merupakan jalan yang terbaik maupun cobaan hidup di dunia untuk mencapai kebahagiaan. Dengan berpikir positif, pikiran akan terhindar dari stres dan tentunya tetap menjaga kekebalan tubuh kita.
  7. Lebih berinteraksi, bercanda tawa baik dengan keluarga, sahabat dan rekan kerja. Dengan tertawa kita merasakan kebahagiaan apalagi bersama orang-orang yang kita cintai dalam suatu kebersamaan yang tentunya tetap menjaga kesehatan kita dan tertawa adalah sehat.
  8. Menjaga kebrsihan tubuh kita dan lingkungan sekitar kita. Mandi dua kali sehari, rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari dan mencucui tangan merupakan kebiasaan harus tetap dijaga agar kuman tidak banyak berada di tubuh kita. Kebersihan lingkungan rumah juga mesti dijaga seperti tidak membuang sampah sembarangan dan rajin membersihkan rumah.
  9. Hindari kebiasaan buruk seperti sering minum alkohol, merokok, banyak minum kopi, begadang dan bermain game atau nonton tv seharian, cemilan makanan ringan, makanan dan minuman yang serba instan dapat mempengaruhi sistem kekebalan kita.
  10. Bila salah satu tidak memungkinkan hal tersebut diatas dan cuaca yang tidak baik dapat dibantu dengan memberikan tubuh Anda dopping herbal alami atau multivitamin. Ratusan suplemen herbal kini tersedia memberikan dukungan sistem kekebalan tubuh tambahan selama musim ini. Namun herbal segar dan solusi makanan keseluruhan selalu lebih baik lebih dari herbal kemasan atau food suplemen, karena mereka memiliki potensi yang jauh lebih tinggi dan  tubuh Anda menyerap lebih dari nilai mereka. Herbal alami seperti air jahe hangat, madu alami dan sebagainya.

Cuaca yang tidak baik pada bulan ini mengakibatkan banyak yang jatuh sakit. tetapi anda bisa mencegahnya jika anda mau. Dengan melakukan kiat-kiat diatas secara teratur dan berkesinambungan mudah-mudahan dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anda, kesehatan dan tentunya dapat selalu merasakan kebahagiaan.

Advertisements