Tags

, ,

Suplemen Multivitamin Jangka Panjang, Berbahayakah?

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga. Semua orang tentunya mendambakan terhindar dari penyakit dan selalu bugar dalam berbagai aktivitasnya. Dengan perkembangan jaman sekarang ini yang selalu dipenuhi oleh gaya hidup yang serba instan termasuk asupan zat gizi dari makanan. Jaman dahulu orang-orang hidup dengan umur yang panjang dan tetap sehat karena dipenuhi oleh zat gizi yang secara alami berasal dari makanan yang mereka makan. Lain dulu lain sekarang, semua kebutuhan sekarang bisa diperoleh secara instan. Termasuk kebutuhan gizi vitamin dan mineral untuk tubuh bisa anda peroleh dari suplemen multivitamin. Suplemen ini dengan gampang anda peroleh dari semua apotik, toko obat, supermarket bahkan bisa anda dapatkan secara gratis. Anggapan masyarakat sekarang ini bahwa dengan mongkonsumsi suplemen multivitamin maka kesehatan dan kebugaran dapat anda peroleh secara instan. Kalau dipikir-pikir memang benar adanya. Namun pernakah anda berpikir suplemen tersebut tidakkah berbahaya bagi tubuh anda? Manakah lebih baik anda mencari kebutuhan vitamin dan mineral dari makanan alami ataukah dari suplemen?

Menurut penelitian terakhir yang penulis baca, ternyata asupan suplemen multivitamin dan mineral, terutama tambahan zat besi jangka panjang juga mempunyai resiko terhadap kesehatan kita, bahkan terhadap resiko kematian pada wanita berumur 55-69 tahun (menurut penelitian terbaru studi kesehatan wanita Lowa).

Dalam penelitian ini mengevaluasi hubungan antara penggunaan suplemen dan angka kematian total, menggunakan data dari studi kesehatan wanita Iowa. Sebanyak 38.772 wanita yang lebih tua yang dimasukkan dalam analisis. Perempuan berusia antara 55 sampai 69 tahun, dengan rata-rata 61,6 tahun pada awal studi di tahun 1986. Self-melaporkan data tentang penggunaan suplemen vitamin dikumpulkan pada tahun 1986, 1997, dan 2004.

Sebanyak 15.594 kematian dilaporkan sampai dengan 31 Desember 2008, mewakili sekitar 40% dari peserta awal. Penggunaan multivitamin secara keseluruhan adalah 2,4% dikaitkan dengan peningkatan risiko mutlak untuk kematian (rasio hazard, 1,06; interval kepercayaan 95%, 1,02-1,10). Self-melaporkan penggunaan suplemen diet meningkat tajam antara 1986 dan 2004. Selain itu, pengguna suplemen memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, lebih aktif secara fisik, dan lebih mungkin untuk menggunakan terapi estrogen pengganti.

Vitamin B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan seng dikaitkan dengan sekitar 3% sampai 6% peningkatan risiko kematian, sedangkan tembaga dikaitkan dengan risiko yang meningkat untuk 18,0% total kematian bila dibandingkan dengan subyek yang tidak menggunakan suplemen sama sekali.

Sebaliknya, penggunaan kalsium berbanding terbalik dengan risiko kematian (rasio hazard, 0,91; 95% confidence interval, 0,88-0,94; pengurangan risiko absolut, 3,8%).

Para peneliti menilai temuan untuk besi dan kalsium dalam analisis yang lebih rinci dilakukan selama periode yang lebih pendek (10-tahun, 6-tahun, dan 4-tahun) dan hasil yang ditemukan mirip dengan yang untuk analisis dilakukan selama seluruh waktu.

Dalam hipotesis penelitian ini, sebagian besar suplemen yang diteliti tidak dikaitkan dengan penurunan total angka kematian wanita yang lebih tua, Sebaliknya, penelitian ini menemukan bahwa suplemen makanan/multivitamin yang secara umum digunakan, termasuk multivitamin, vitamin B6, dan asam folat, serta mineral besi, magnesium, seng, dan tembaga, dikaitkan dengan risiko tinggi angka kematian total.

Meskipun kita tidak dapat mengesampingkan manfaat dari suplemen, seperti peningkatan kualitas hidup, penelitian ini menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan jangka panjang.

Dalam sebuah editorial terkait, Goran Bjelakovic, MD, DMSc, dan Kristen Gluud, MD, DMSc, dari Pusat Penelitian Intervensi Klinis, Cochrane Hepato Biliary Group, Rigshospitalet, Copenhagen University Hospital, Denmark, diketahui bahwa penelitian ini menambahkan “semakin banyak bukti menunjukkan bahwa suplemen antioksidan tertentu, seperti vitamin E, vitamin A, dan beta-karoten, bisa juga berbahaya. ”

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak direkomendasikannya penggunaan suplemen vitamin dan mineral sebagai tindakan pencegahan, setidaknya tidak dalam populasi dengan gizi baik. Suplemen tidak mengganti atau menambah manfaat makan buah dan sayuran dan dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang tidak diinginkan.

Jadi gunakanlah suplemen multivitamin/mineral secara bijak. Gunakanlah suplemen multivitamin pada saat-saat tertentu diperlukan dengan jangka waktu pendek seperti kehamilan, anak-anak, cuaca tidak mendukung dan saat sakit. Jika anda dalam keadaan sakit, anda bisa minum suplemen makanan/vitamin untuk membantu kondisi tubuh/penyembuhan sampai anda sehat kembali (terutama wanita umur 55-69 th ;menurut penelitian ini). Tidak ada yang lebih baik dengan memenuhi kebutuhan gizi anda secara alami diperoleh dari makanan/minuman yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran jika anda ingin sehat, bugar dan pencegahan dari berbagai penyakit.

Sumber: medscape medical news