Tags

, ,

OM Swastyastu,

Hari ini adalah hari selasa, 27 September 2011, genap dua puluh delapan tahun diriku mengabdi ke dunia ini. Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa/ Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas segala anugrah kebahagian yang saya peroleh di dunia ini. Hari berganti hari, tahun berganti tahun telah saya lewati baik secara sadar maupun tidak sadar saya banyak mengalami berbagai peristiwa yang sangat berharga dalam hidup saya, peristiwa pahit maupun manis. Timbul pertanyaan dalam benak saya, apakah sebenarnya hakikat hidup dan tujuan hidup saya di dunia ini? Pertanyaan tersebut terjawab ketika menyadari keberadaan diriku di dunia ini dan berbagai peristiwa yang saya alami dalam hubungannya dengan orang tua, guru saya, anak, keluarga, para sahabat, teman dan tidak ketinggalan segala isi di dunia ini. Tahun ini tahun 2011 adalah tahun yang sangat berharga bagi diri saya, ada momentum yang sangat berharga untuk dikenang dan syukur saya panjatkan karena diberikan jalan yang terbaik buat saya.

Saya menyadari, saya hanyalah seorang manusia yang merupakan bagian dari ciptaan Hyang Widhi yang tidak luput dari kesalahan. Tanpa kesalahan kita tidak bisa belajar dan menemukan suatu hal yang baru dan berguna. Tokoh besar dunia, Albert Einstein mengatakan “A person who never made a mistake never tried anything new“. Kata-kata yang indah ini dapat kita renungkan sebagai suatu pembelajaran untuk saling memaafkan dan menghindari rasa psimistik pada diri kita. Oleh karena itu, saya mohon maaf segala kesalahan yang saya perbuat sebelumnya dan saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala masukan dan doa yang datang dari orang tua, guru saya, para sahabat dan teman.

Akhir kata, hanya satu kata yang saya ingat dalam mengarungi samudra yang maha luas ini adalah mencari pulau Kebahagiaan. Semoga kebahagiaan menyertai kita semua kebahagiaan dalam kedamaian hati dan pikiran. Seorang filsuf besar, Mahatma Gandhi mengatakan, “Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony“. Sebenarnya kebahagian adalah kata yang sangat gampang diucapkan tapi sulit anda capai di dunia ini. Kebahagiaan dapat kita peroleh tergantung pada pikiran kita, perkataan dan perbuatan yang baik yang menimbulkan suatu kedamaian sebagai mana dalam ajaran agama Hindu yaitu Tri Kaya Parisudha. Kebahagiaan akan susah kita dapatkan jika masih tenggelam dalam dunia dualisme di dunia ini, baik-buruk, kaya-miskin, surga- neraka, masa lalu dan masa depan. Ini sebagaimana disebutkan dalam Bhagawadgita, salah satu kitab suci Hindu yang saya sukai. Disana juga saya dapatkan suatu ajaran bahwa dengan bekerja sesuai dengan kewajiban di dunia ini tanpa beban pikiran dualisme untung rugi, karena bekerja juga meruapakan suatu ibadah niscaya mencapai kebahagiaan. Merasa tidak bekerja disaat anda bekerja dan merasa bekerja di saat anda tidak bekerja itulah suatu prinsip terbaik yang dapat kita terapkan. Memusatkan diri bekerja pada masa kini dengan semaksimal mungkin lebih berharga daripada mengingat masa malu dan berpikir ke masa depan. Itulah jalanku,,,mudah-mudahan kebahagiaan yang saya dambakan dapat tercapai begitu pula kebahagian bagi kita semua….kebahagian dalam kedamaian/santhi….

OM Santhi, Santhi, Santhi OM