Tags

, ,

Kesehatan adalah dambaan setiap orang. Siapa yang mau sakit? Tentu tidak ada yang mau sakit baik fisik maupun mental. Kesehatan bisa kita dapat dengan pencegahan dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, lebih baik mencegah sakit daripada mengobati. Coba kita bayangkan kalau kita jatuh sakit, banyak penderitaan rasa sakit kita rasakan, biaya pengobatan, masa penyembuhan yang lama yang sangat mengganggu aktivitas lainnya. Walaupun banyak pelayanan pengobatan gratis dari pemerintah saat ini, lebih baik memilih sehat deh dengan pencegahan. Bagaimana kita bisa mencegahnya?? Ini sangat diperlukan ketekunan diri kita sendiri seperti menambah wawasan tentang penyakit dan pencegahannya, cara hidup sehat dan tentunya tetap berdoa kepada Tuhan. Semua ini anda dapat mencarinya di media informasi maupun dari pelayanan kesehatan seperti puskesmas. Pandangan masyarakat saat ini salah kalau melihat puskesmas hanya sebagai tempat balai pengobatan tetapi justru sebaliknya prioritas didirikan puskesmas adalah untuk pencegahan/preventif.

Dari jaman dahulu, nenek moyang kita menyadari bahwa kesehatan adalah lebih penting dengan pencegahan. Bisa kita lihat doa yang tertera pada kitab suci Weda yaitu Yayur Weda dan sampai sekarang mantra ini dapat anda ucapkan untuk memohon kesehatan kepada Tuhan, Sang Hyang Widhi Wasa, adalah sebagai berikut:

OM Tanupa agne asi tanvam me pahi ayurda agne asyayurme

Dehi varcoda agne asi varcome dehi agne yanme tanva

(Yayurveda:3.17)

“Oh Tuhan Maha Pelindung, lindungilah badanku, pemberi umur, berikanlah umur panjang kepadaku, pemberi cahaya, berikanlah cahaya kepadaku dan sempurnakanlah kekurangan yang ada pada badanku”

Jadi tetaplah berdoa kepada Tuhan, anda boleh mengucapkan mantra ini terutama saat bangun tidur saat sebelum matahari terbit disamping kita melakukan aktivitas dan pola hidup sehat. Karena kesehatan bukan hanya fisik semata melainkan sehat dari segi psikis, social dan spiritual, seperti apa yang didefinisikan oleh badan kesehatan dunia, WHO.

Kesehatan fisik dapat kita jaga dengan berolahraga yang benar, pola makan dan menu makanan yang sehat, kurangi kandungan lemak/daging dan perbanyak buah dan cukup istirahat (jangan banyak begadang).

Kesehatan psikis dan spiritual anda dapat dengan menambah wawasan spiritual anda dengan tetap mendalami ajaran agama, rajin sembahyang dan meditasi.

Orang yang menyendiri dan kurang bergaul, jauh dari kehidupan social juga tidak dikatan sehat menurut WHO. Oleh karena itu, tetaplah bergaul dengan teman serta keluarga dalam berbagai aktivitas seperti kesamaan hobi dan lain-lain.

Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan kepada kita.