Tags

, , , ,

LATIHAN FISIK/OLAHRAGA DENGAN INTENSITAS SEDANG SELAMA 15 MENIT DAPAT MENINGKATKAN HARAPAN HIDUP

Terjemahan dari Artikel judul asli:

Moderate Exercise for 15 Minutes Daily Improves Survival

Laurie Barclay, MD

Lancet. Published online August 16, 2011.

Diterjemahkan oleh bayu adhy MD

19 Agustus 2011 – Jumlah minimal latihan fisik/olahraga untuk mengurangi risiko kematian adalah 15 menit sehari dengan latihan intensitas sedang, menurut hasil dari studi kohort prospektif melaporkan secara online 16 Agustus di harian jurnal The Lancet.

“Berolahraga pada tingkat yang sangat ringan mengurangi kematian dari penyebab apapun sebesar 14 persen,” kata penulis senior Xifeng Wu, MD, PhD, profesor dan dekan University of Texas MD Anderson Cancer Center Departemen Epidemiologi, dalam rilis berita. “Manfaat dari olahraga tampaknya menjadi signifikan bahkan tanpa mencapai 150 menit per minggu yang direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian sebelumnya.”

Kelompok studi terdiri dari 416.175 orang di Taiwan (199.265 pria dan 216.910 perempuan) yang dievaluasi antara tahun 1996 dan 2008 dalam program skrining standar medis. Durasi rata-rata tindak lanjut adalah 8,05 ± 4,21 tahun. Peserta dikategorikan menurut jumlah latihan mingguan dilaporkan sendiri pada kuesioner sebagai tidak aktif, aktivitas rendah, sedang, tinggi, atau sangat tinggi. Untuk setiap kelompok, harapan hidup dan hazard ratio (HR) dihitung untuk risiko kematian, dengan menggunakan kelompok aktif sebagai standar.

Jumlah rata-rata latihan dalam kelompok aktivitas rendah-volume adalah 92 menit per minggu (95% confidence interval [CI], 71-112) atau 15 ± 18 menit per hari. Risiko untuk semua penyebab kematian adalah 14% lebih rendah (HR, 0,86; 95% CI, 0,81-0,91), dan harapan hidup 3 tahun lebih lama pada kelompok olahraga ringan daripada kelompok yang tidak aktif berolah raga sama sekali.

Melampaui jumlah minimal 15 menit latihan sehari-hari, setiap tambahan 15 menit dikaitkan dengan penurunan lebih lanjut dalam semua penyebab risiko kematian sebesar 4% (95% CI, 2,5-7,0) dan di semua kanker risiko kematian sebesar 1% ( 95% CI, 0,3-4,5). Manfaat ini latihan terlihat pada semua kelompok umur, pada kedua jenis kelamin, dan pada orang yang berisiko untuk penyakit kardiovaskular. Dibandingkan dengan individu dalam kelompok yang berolahraga/latihan dengan volume rendah, orang tidak aktif berolahrag memiliki risiko meningkat 17% untuk kematian (HR, 1,17; 95% CI, 1,10-1,24).

“15 menit min 90 hari atau satu minggu latihan intensitas sedang mungkin bermanfaat, bahkan untuk individu pada risiko penyakit kardiovaskular,” yang penulis tulis dalam penelitian ini.

Keterbatasan penelitian ini meliputi desain observasional dengan ketergantungan yang mungkin pembaur, pada laporan diri untuk menentukan jumlah latihan, kurangnya generalisasi untuk populasi lain, dan kemungkinan hilangnya tindak lanjut/follow up.

Dalam editorial yang menyertai, Anil Nigam dan Martin Juneau, dari Montreal Heart Institute dan Université de Montréal di Quebec, Kanada, mencatat bahwa “ini adalah studi observasional pertama ukuran ini untuk melaporkan manfaat kesehatan yang penting dan global seperti volume rendah rekreasi waktu aktivitas fisik dengan tingkat presisi. ”

“Pengetahuan bahwa sesedikitnya 15 menit latihan fisik per hari dalam seminggu secara substansial dapat mengurangi risiko individu kematian dapat mendorong orang lebih banyak untuk memasukkan sejumlah kecil aktivitas fisik ke dalam kehidupan mereka yang sibuk,” Drs. Juneau Nigam dan menulis. “Pemerintah dan profesi kesehatan keduanya memiliki peran besar untuk bermain untuk menyebarkan berita baik dan meyakinkan orang tentang pentingnya menjadi setidaknya minimal aktif.”

Proyek Latihan ini didanai oleh Departemen Kesehatan Taiwan Percobaan Klinis dan Pusat Penelitian Excellence, dan Taiwan Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional mendukung penelitian ini. Penulis studi dan editorialists telah diungkapkan ada hubungan keuangan yang relevan.