OM Swastyastu, Semoga kita selalu berbahagia, Selamat datang di halamanku www.lontaradhygita.wordpress.com. Atas Asung Kerta Wara Nugraha/ Rahmat Ida Sang Hyang Widhi, saya tergugah untuk menuangkan segala tulisan, pengalaman dan sebagainya dalam blog ini. Blog ini saya buat untuk saling berbagi ilmu pengetahuan, wawasan, jnana serta pengalaman. Dalam kitab suci Weda disebutkan, tidak ada yang lebih mulia dari ilmu pengetahuan, dengan ilmu pengetahuan kita dapat lebih mendekatkan diri dengan Beliau, Tuhan Yang Maha Esa, Maha Agung memenuhi segala semesta ini. Dengan ilmu pengetahuan, kita dapat hidup bahagia dalam kehidupan yang fana ini yang penuh godaan hawa nafsu, ketidakpuasan secara terus menerus, kebencian dan sebagainya, itu hanyalah bersifat indriawi saja.

Dalam Bhagavad Gita disebutkan:

Sreyan dravyamayaad yajnyaaj.
Jnyana yajnyaah paramtapa.
Sarvam karma khilam paartha
Jnyane parisamapyate.
(Bhagavad Gita, IV, 33)

 

Maksudnya adalah persembahan berupa ilmu pengetahuan, parantapa lebih bermutu daripada persembahan materi, dalam keseluruhannya semua kerja ini berpusat pada ilmu pengetahuan, oh parta.

BEKERJA dan berbakti tanpa didasarkan pada ilmu pengetahuan yang benar akan sia-sia. Lebih-lebih pada zaman modern ini apa pun yang kita lakukan kalau tanpa pengetahuan yang jelas akan menjadi sia-sia. Melakukan kegiatan beragama tanpa didasarkan pada ilmu pengetahuan yang telah ditentukan dapat menimbulkan penyimpangan.

Dalam kehidupan ini ilmu pengetahuan tersebut demikian pentingnya. Karena itu, beryadnya dengan ilmu pengetahuan dinyatakan dalam Sloka Bhagawad Gita yang dikutip dalam tulisan jauh lebih utama daripada beryadnya dengan harta benda dalam bentuk apa pun.

Hanya ilmu pengetahuan/jnana itu sajalah satu-satunya yang abadi, tanpa awal dan akhir, dimana tak ada benda-benda lain yang nyata. Perbedaan yang kita lihat di dunia ini adalah hasil dari kondisi indra-indra dimana bila yang ini (indra-indra) berhenti, maka yang tinggal hanyalah jnana/ilmu pengetahuan itu sendiri, tak ada yang lainnya. (Siva Samhita)

Itulah pentingnya ilmu pengetahuan dalam kehidupan ini, dari ilmu pengetahuan semua aktivitas, budi pekerti dan pedoman lahir. Oleh karena itu, marilah menambah wawasan kasanah ilmu pengetahuan baik spiritual maupun ilmiah melalui blog ini. Mari kita saling berbagi wawasan dan pengetahuan dalam berbagai hal dalam halaman blog ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan berkah ilmu pengetahuan luhur yang sangat bermaanfaat bagi kita semua demi mencapai kebahagian di dunia dan akhirat. Dan dalam Hindu, tujuan hidup adalah kebahagian di dunia dan akhirat yang berdasarkan atas dharma. (Moksartam Jagaditha Ya ca ithi Dharma)